Cara Pengajuan Pinjaman Bank Mandiri untuk Modal Usaha

Sangat penting untuk mengetahui cara mengajukan pinjaman Bank Mandiri untuk modal usaha. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan pengajuan diterima, dan dana segar pada akhirnya lebih mudah mengalir. Sayangnya, hingga saat ini belum banyak orang yang tahu caranya. Salah satu alasannya terkait dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Sebenarnya, persyaratan untuk ini tidak jauh berbeda dengan jenis pinjaman lainnya. Juga tidak jauh berbeda dengan pinjaman di bank lain. Ada banyak jenis Pinjaman Bank Mandiri yang bisa Anda sesuaikan dengan tujuannya. Misalnya Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan program pemerintah untuk mengembangkan wirausaha kecil dan menengah.

Meski secara tidak langsung, semua layanan yang ditawarkan Bank Mandiri bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Manfaat ini masih dirasakan oleh pelanggan yang membutuhkan. Apalagi saat ini sudah banyak pelaku usaha dari berbagai bidang, artinya persaingan semakin ketat sehingga modal sangat dibutuhkan.

Keuntungan Meminjam di Bank Mandiri

Sebelum mempelajari cara mengajukan pinjaman ke Bank Mandiri, mari kita bahas manfaatnya terlebih dahulu. Tentu anda tahu bahwa bukan hanya bank yang dikelola pemerintah ini yang menawarkan pinjaman, banyak bank lain juga. Alasan mengapa seseorang harus melalui Bank Mandiri adalah karena manfaat yang diperoleh.

Proses Pengajuan Cepat

Keuntungan pertama adalah proses aplikasi yang cepat. Anda tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan uang yang Anda butuhkan jika semua persyaratan disetujui. Dibandingkan dengan bank lain yang biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu, Bank Mandiri hanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyetujui pinjaman.

Persyaratan Mudah

Jika Anda memenuhi semua persyaratan, proses aplikasi akan lebih cepat. Untungnya, kriteria yang diperlukan sangat mudah dan lugas. Untuk persyaratan umum, peminjam harus berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah. Jika digunakan untuk dana TKI, diperlukan usia minimal 18 tahun beserta surat persetujuan dari wali.

Persyaratan utama lainnya adalah memiliki bisnis yang sudah mapan. Jumlah minimum waktu bisnis harus berjalan adalah enam bulan, dan masih perlu operasional saat Anda mengajukan pinjaman. Artinya, Anda tidak dapat menggunakan dana dari pinjaman tersebut untuk memulai bisnis baru.

Suku Bunga Kompetitif

Alasan mengapa Bank Mandiri lebih sering dipilih oleh calon peminjam adalah karena mereka tidak terbebani dengan suku bunga. Bagaimana mungkin sebaliknya, Anda hanya dikenakan suku bunga 6% selama satu tahun. Ini sangat ringan dibandingkan dengan perusahaan lain. Selain itu, sifat suku bunga flat ini berarti tidak berubah seiring waktu.

Agunan Berupa Objek yang Dibiayai

Kredit Bank Mandiri menjadi semakin populer karena tidak memerlukan agunan apapun. Jika ada, satu-satunya jaminan yang dibutuhkan adalah objek yang dibiayai. Hal ini jelas bukan beban bagi Anda sebagai debitur. Bayangkan saja jika di tempat lain diperlukan sertifikat tanah atau barang berharga lainnya sebagai jaminan.

Namun, jika Anda mengajukan pinjaman dalam jumlah besar, agunan tambahan mungkin masih diperlukan. Misalnya, jika Anda meminjam lebih dari 100 juta, maka Anda harus menyiapkan agunan tambahan berupa tanah, bangunan atau kendaraan bermotor yang nilainya tidak jauh dari jumlah pinjaman.

Jenis Pinjaman Bank Mandiri

Kita sudah tahu manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan ketika mengajukan pinjaman ke Bank Mandiri. Karena pinjaman yang ditawarkan cukup banyak, tidak ada salahnya jika kita membahas jenis pinjaman apa yang mereka tawarkan. Menurut situs resmi Bank Mandiri, berikut beberapa jenis pinjaman yang bisa Anda pilih!

1. KUR Super Mikro

KUR Super Mikro merupakan tipe pertama yang bisa Anda pilih jika membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Pinjaman ini diberikan kepada pengusaha kecil dengan pinjaman maksimal 10 juta rupiah. Dengan bunga rendah, waktu yang diberikan bagi debitur selama 3 tahun.

Sementara untuk kredit investasi, waktu yang diberikan sedikit lebih lama, yakni 5 tahun. Untuk mendapatkan pinjaman ini tidak memerlukan agunan tambahan. Jaminan yang digunakan adalah proyek atau usaha yang dibiayai sendiri. Dengan kata lain, Anda tidak perlu khawatir mencari penjamin sebagai pinjaman yang dibutuhkan.

2. KUR Mikro

Persyaratan dan proses pengajuan pinjaman KUR Mikro Bank Mandiri untuk modal usaha tidak jauh berbeda dengan yang pertama. Anda juga tidak memerlukan agunan tambahan untuk mendapatkan dana segar bagi bisnis Anda yang sedang berjalan. Namun, batas kreditnya lebih tinggi dari yang pertama.

Dengan KUR Mikro, Anda bisa mendapatkan pinjaman maksimal 50 juta rupiah. Jika terlalu banyak, silakan turunkan jumlahnya, asalkan tidak kurang dari 10 juta rupiah. Pinjaman ini juga memberikan jangka waktu 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja (KMK) dan 5 tahun untuk Kredit Investasi (KI).

3. KUR Kecil

KUR Kecil adalah namanya, namun dari segi nominal sangat berbeda dengan dua jenis pinjaman Bank Mandiri yang disebutkan sebelumnya. Kali ini Anda bisa mengajukan pinjaman maksimal 500 juta rupiah. Sedangkan untuk jumlah pinjaman minimal 50 juta rupiah.

Karena jumlah pinjamannya cukup besar, jangka waktu pinjaman juga lebih lama. Kali ini Anda mendapatkan jangka waktu pelunasan hingga 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja. Untuk Kredit Investasi sendiri tidak jauh berbeda, yaitu selama 5 tahun. Pinjaman ini lebih diprioritaskan bagi para pedagang atau mereka yang berkecimpung di bisnis sektor UKM.

4. KUR Khusus

Jenis pinjaman selanjutnya adalah KUR Khusus yang dikhususkan untuk usaha yang dikelola bersama, baik dalam bentuk lembaga maupun klaster. Meski sebenarnya diprioritaskan untuk usaha dari sektor perkebunan, pertanian dan perikanan, sebagai pelaku UMKM anda juga bisa mengajukannya.

Proses pengajuan pinjaman Bank Mandiri tidaklah sulit, Anda hanya perlu melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan. Jangka waktu pinjaman adalah 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan 5 tahun untuk Kredit Investasi. Pinjaman ini bebas biaya administrasi dan provisi, sehingga apa yang Anda terima tetap sesuai dengan jumlah yang diterapkan.

5. KUR Penempatan TKI

Bank Mandiri tidak hanya memberikan pinjaman kepada pengusaha. Bagi pekerja yang kekurangan modal saat berangkat, silakan gunakan Pinjaman Penempatan KUR bagi Pekerja. Karena biasanya tidak membutuhkan modal yang banyak, maka limit yang diberikan hanya sampai Rp25 juta.

Jumlah pinjaman diberikan selama masa kontrak kerja. Dalam beberapa kasus, ada perbedaan dalam hal tenor, yaitu maksimal 3 tahun. Ingat, pinjaman ini hanya diberikan sebagai modal awal ketika Anda mendapatkan pekerjaan di luar negeri, baik untuk bekal maupun transportasi.

Cara Pengajuan Pinjaman Bank Mandiri

Setelah mengetahui manfaat dan jenis yang sudah dibahas di atas, saatnya Anda mengetahui cara mengajukan pinjaman Bank Mandiri untuk modal usaha. Tentunya sarana yang dimaksud harus sesuai dengan prosedur yang berlaku. Namun, sebelum itu, pastikan Anda mempersiapkan semua persyaratan terlebih dahulu.

  • Bawa semua dokumen yang dibutuhkan, misalnya kartu tanda pengenal, KK, dan surat keterangan usaha.
  • Silahkan datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat, kemudian ambil antrean.
  • Cari tempat duduk yang nyaman sambil menunggu giliran anda dipanggil.
  • Jika tiba giliran anda, petugas akan memberikan formulir pengajuan. Silahkan diisi formulir tersebut selengkapnya, tanyakan apabila ada yang tidak diketahui maksudnya.
  • Setelah formulir selesai diisi, kembalikan kepada petugas sambil menyertakan semua dokumen yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Petugas akan mengecek semua kelengkapan dokumen serta isian dari formulir yang diberikan tadi.
  • Jika sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku, pihak bank akan melakukan survey untuk melihat apakah anda layak mendapatkan pinjaman.
  • Tidak menutup kemungkinan pada saat survey juga dilakukan wawancara, maka persiapkan diri anda sebaik mungkin.
  • Anggap saja anda berhasil melewati semua syarat dan lolos wawancara, maka dana akan dicairkan secepat mungkin. Pada umumnya, dana pinjaman bisa cair selama 3 hingga 7 hari kerja setelah pengajuan disetujui.

Demikian informasi yang dapat kami berikan terkait proses pengajuan pinjaman Bank Mandiri untuk modal usaha. Meskipun tidak dapat digunakan sebagai referensi yang pasti, karena mungkin ada istilah yang telah berubah, setidaknya Anda akan mendapatkan gambaran umum. Untuk informasi lebih detail dan lengkap, silakan datang langsung ke kantor cabang terdekat.